5 Daftar SMA Terbaik di Provinsi Lampung

5 Daftar SMA Terbaik di Provinsi Lampung

SMA Terbaik di Lampung – Sekolah juga dikenal sebagai rumah kedua setelah slot server thailand keluarga. Bagaimana karakter anak terbentuk juga banyak mendapat kontribusi dari lingkungan sekolah. Oleh karena itu, harus dipersiapkan dengan matang mengenai sekolah anak.

Setiap daerah pasti memiliki sekolah terbaiknya masing-masing. Biasanya sekolah ini menjadi favorit karena prestasi para siswa atau gurunya. Ada juga sekolah yang bonafid dan memiliki fasilitas yang memadai, atau memiliki program khusus sehingga menjadi tujuan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sana. Berikut IDN Times rangkum daftar SMA terbaik dan terfavorit di Lampung menurut hasil pemeringkatan nasional UTBK 2022 dari data survey LTMPT.

Rekomendasi SMA Terbaik di Lampung

1. SMA Negeri 1 Metro

SMA terbaik pertama adalah SMA Negeri 1 Metro. Sekolah ini menduduki peringkat pertama provinsi dan peringkat 257 nasional pada tahun 2022 setelah memperoleh total nilai rata-rata UTBK 550.850 menurut data survei LTMPT. SMA Negeri 1 Metro merupakan SMA tertua di kota Metro. Didirikan pada tahun 1959, sekolah ini awalnya bernama SMA Negeri Metro Persiapan, kemudian menjadi SMA Negeri Metro. Barulah ketika SMA lain mulai dibangun, namanya berubah lagi menjadi SMA Negeri 1 Metro hingga sekarang.

Baca juga: 5 Universitas Terbaik dan Favorit di Sumatera, Apa Kampusmu?

Di SMA ini hanya ada dua jurusan yaitu IPA dan IPS. Namun, ada banyak kelas pendukung seperti kelas seni, bahasa, dan agama. Memiliki akreditasi A, sekolah ini juga memiliki standar nasional (SSN). SMA ini juga telah menorehkan banyak prestasi salah satunya menjadi duta olimpiade sains mewakili Lampung karena berulang kali menjadi juara 1 olimpiade khususnya bidang kimia di tingkat provinsi, nasional dan internasional.

2. SMA Negeri 2 Bandar Lampung

Sekolah selanjutnya di ibu kota Lampung adalah SMAN 2 Bandar Lampung. Dengan total nilai rata-rata UTBK sebesar 549.758, SMAN 2 Bandar Lampung menduduki peringkat ke-2 tingkat provinsi dan peringkat ke-269 tingkat nasional.

Sekolah ini dibangun pada tahun 1965 dan pertama kali dipimpin oleh Tabrani Daud sebelum menjadi Walikota ke-4 Bandar Lampung (dahulu Kota Tanjung Karang Teluk Betung) pada periode 1969-1976. Selain itu, sekolah ini juga menjadi salah satu sekolah favorit di Bandar Lampung karena banyak lulusannya yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit bahkan kampus luar negeri. Gedung sekolah tersebut terletak di Jalan Amir Hamzah Nomor 1, Gotong Royong, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Kota Bandar Lampung.

3. SMA Xaverius Bandar Lampung

SMA Xaverius Bandar Lampung menjadi SMA swasta terbaik pertama di Lampung setelah demo lucky neko memperoleh total nilai rata-rata UTBK 2022 sebesar 548.331 dan menduduki peringkat 284 secara nasional. Sekolah swasta ini menjadi favorit karena berhasil menggembleng para siswanya sehingga banyak mencatatkan prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Pihak sekolah bahkan membuka ekstrakurikuler khusus yang disebut OSN dan terdapat 9 cabang mata pelajaran IPA yang dapat dipilih siswa.

Selain OSN, ekstrakurikuler lainnya ada di bidang olahraga, bahasa, seni, dari paduan suara hingga teater, pecinta alam, sastra, dan pencak silat. Gedung sekolah tersebut terletak di Jalan Cendana Nomor 31, Rawa Laut, Enggal, Kota Bandar Lampung.

4. SMA AI Kautsar

SMA terbaik keempat diraih oleh SMA Al Kautsar. Madrasah ini memiliki peringkat nasional 323 dengan total nilai rata-rata UTBK 545.039. Sekolah bonafid ini awalnya bernama Sekolah Nurul Ulum, namun baru tujuh bulan kemudian namanya diubah menjadi Sekolah Al-Kautsar sesuai dengan nama yayasan.

Karena ini adalah SMA Islam, ekstrakurikuler yang ditawarkan juga berbeda dengan SMA swasta atau SMA negeri biasa. Selain ekstrakurikuler umum di sekolah seperti paskibraka, PMR, kesenian, kerohanian, dan olah raga, mereka juga memiliki ekstrakurikuler tahfizh atau Komunitas Tahfidzul Quran Al-Kautsar. Lokasi sekolah ini berada dalam satu kawasan dengan jenjang sekolah lainnya seperti TK, SD, SMP yaitu di Jalan Soekarno Hatta Nomor 52, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

5. SMA Negeri 9 Bandar Lampung

SMAN 9 Bandar Lampung menduduki peringkat 486 secara nasional pada tahun 2022 setelah memperoleh total nilai rata-rata UTBK sebesar 532.353. Sekolah ini menjadi favorit karena banyak lulusannya yang berhasil menjadi politisi dan pejabat ternama. Di antaranya Wali Kota Medan 2021-2024 Bobby Nasution, dan Anggota DPR RI 2019-2024 Muhammad Kadafi.

Mereka juga memiliki ekstrakurikuler unik dan langka di sekolah manapun, yaitu Pengembangan Teknologi Pupuk dan Forum Siswa Anti Narkoba. Selain itu, mereka juga memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler umum lainnya. Sekolah ini beralamat di Jalan Panglima Polem No.18 All Mider, Bandar Lampung, 35152, Bandarlampu